Selayang desain...

 

Kata-kata design atau desain dalam bahasa Indonesia sudah sering kita dengarkan tetapi kita juga kadang masih merasa aneh dan cukup sulit untuk memahaminya. Terlebih lagi, cukup banyak orang yang mengira bahwa ia tidak dapat melakukan desain. Tetapi kenyataannya, setiap orang di muka bumi ini melakukan desain setiap hari.

Setiap kali kita akan memilih pakaian untuk keluar rumah pada suatu acara tertentu, sebenarnya kita sudah melakukan desain. Pertama, kita memikirkan akan kemanakah kita, apakah yang akan kita lakukan, siapa yang akan kita jumpai atau image apakah yang akan kita paparkan pada orang-orang yang akan kita jumpai??? Apakah akan tampak profesional di tempat kerja? Atau untuk menarik perhatian di sebuah resepsi? Atau pakaian yang nyaman untuk main bola??

Untuk menarik perhatian orang, kita memilih pakaian yang juga disenangi oleh kebanyakan orang. Selanjutnya bila ke tempat yang dingin, maka kita harus memilih pakaian yang dapat berfungsi menghangatkan di udara yang dingin. Seringkali juga kita harus memadukan atau menata dengan baik, misalnya sepatu apakah yang cocok dengan celana panjang putih.

Merancang layout yang baik juga berkaitan dengan aktivitas yang hampir sama, yaitu : Dimanakah akan diletakkan layout itu? Siapakah yang akan melihatnya? Hasil apakah yang akan diperoleh? Teks dan gambar apakah yang akan memberikan pengaruh yang baik? Akan menjadi apakah layout itu??? dan seterusnya.....

Dan yang lebih penting lagi, desain bukanlah sulap dan bukanlah hasil kerja semalam. Desain yang baik hanya akan bisa dicapai melalui percobaan penggunaan dan perbaikan layout dengan intensitas yang tinggi sebelum sebuah layout yang cukup baik bisa digunakan.

[ Top ]

 

© 2002 by Dwi Kristianto, ST. All rights reserved.
//virtualbook is dedicated to the Internet and the World Wide Web.
Currently hosted on faculty.petra.ac.id.