Mempersiapkan website

 

Menciptakan website yang berhasil mencapai tujuannya bukanlah yang mudah untuk dilakukan, diperlukan kerja keras didalam penyusunan dan perancangannya. Web adalah fenomena baru di dunia IT sekalipun, banyak hal masih dikembangkan dan akan terus berkembang sehingga kita sebagai desainer dituntut untuk selalu belajar sehingga mampu mengikuti perkembangan itu.

Secara mendasar, website adalah sebuah hasil karya kreativitas oleh orang-orang yang mampu bekerja dengan intuisi yang kuat.

Untuk membuat website diperlukan beberapa hal, antara lain :

  1. Web browser
  2. Hardware
  3. Menguasai HTML
  4. Koneksi Internet
  5. Web space
  6. Domain Name

 

1. Web Browser.
Diperlukan minimal sebuah aplikasi web browser yang sudah terinstal dengan baik di komputer yang akan kita gunakan untuk menyusun halaman web. Web browser ini berfungsi untuk menampilkan halaman-halaman web dan mencoba seluruh fungsi navigasi serta fungsi lainnya didalam sebuah website. Cukup banyak web browser yang bisa digunakan, antara lain : Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla, Opera, Mozaic, dll.

 

2. Hardware
Selanjutnya (mungkin) juga diperlukan hardware khusus (selain satu unit komputer yang digunakan) untuk melakukan koneksi dengan internet, misalnya : modem telepon, modem ISDN, kartu jaringan, dll.

 

3. Menguasai HTML
Yang paling penting dari semuanya adalah pengusaan HTML, hal ini diperlukan untuk memasukkan perintah-perintah dalam HTML ke halaman web yang sesungguhnya. Atau, kita bisa gunakan aplikasi web builder untuk menyusun sebuah halaman web, dengan aplikasi ini penyusunan halaman web bisa jauh lebih mudah dan sederhana sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi ke 'content' website itu daripada memikirkan trik-trik perintah HTML. Sampai saat ini sudah banyak jenis aplikasi ini yang sudah dikembangkan, misalnya : Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, Microvision WebExpress, dll.

 

4. Koneksi Internet
Koneksi ke internet diperlukan untuk meletakkan (upload) seluruh file-file halaman web yang telah kita kerjakan tadi kedalam spasi yang telah disediakan. Koneksi ini dapat berupa hubungan langsung dengan ISP ataupun melalui hubungan jaringan seperti di UK Petra.

 

5. Web Space
Web space adalah ruang harddisk yang telah secara khusus disediakan untuk meletakkan semua file-file setiap halaman web kedalam ruang hardisk tersebut. Web space ini berada pada harddisk sebuah web server di Internet.

 

6. Domain Name
Domain Name adalah nama website dan informasi logikal path dari web space yang telah dipersiapkan. Domain name ini berfungsi sebagai alamat dari website yang telah kita letakkan di webspace tadi. Bila domain name ini sudah kita miliki maka setiap pengguna yang akan mengakses, bisa menggunakan domain name untuk mengakses website kita. Tanpa domain name maka tidak ada satu carapun untuk mengakses suatu website.

[ Top ]

 

© 2002 by Dwi Kristianto, ST. All rights reserved.
//virtualbook is dedicated to the Internet and the World Wide Web.
Currently hosted on faculty.petra.ac.id.